Pengen Dapet Ilmu Baru? Ini 7 Sistem Unik Belajar Tanpa Patut Kuliah Lagi




Masa-masa sekolah dan kuliah memang bikin kangen. Enggak cuma kangen dengan teman-sahabat atau momen asyik lainnya, namun kamu juga pasti rindu belajar dan menerima ilmu baru. Dapat kembali duduk di kelas mungkin menyenangkan, tapi enggak semua dari kita dapat kembali ke bangku kuliah karena alasan tertentu. Namun enggak melanjutkan kuliah ke level selanjutnya bukan berarti kau enggak dapat terus menimba ilmu, loh. Ilmu ada di mana-mana dan kamu dapat mendapatkannya dengan mudah di era digital ini. Berikut sistem-sistem unik untuk belajar tanpa mesti kuliah lagi yang bisa kau terapkan!

7 Cara Unik Untuk Belajar Tanpa Patut Kuliah

#1. Mendengarkan podcast
Untuk kamu cewek yang sibuk berprofesi, mungkin enggak ada waktu untuk membaca atau menonton di sela-jeda kesibukanmu. Kamu bisa memecahkan problem itu dengan memperdengarkan podcast. Simpan episode podcast yang menurutmu asyik, berkhasiat, dan bisa menambah ilmumu, lalu kamu bisa mendengarkannya saat berada di kendaraan awam menuju kantor atau di ketika jam makan siang.

#2. Update isu dan tren terupdate
Ini mungkin terdengar remeh, melainkan enggak ada yang lebih bikin kamu nampak mahir dan knowledgeable selain up-to-date dengan info dan tren terupdate yang terjadi di negaramu atau secara global. Luangkan waktumu ketika bermain telepon pintar untuk membuka portal berita dan baca isu setiap pagi untuk mengetahui apa yang sedang terjadi di sekitarmu.

#3. Ikut seminar atau pelatihan
Kau berharap menambah skill sampingan? Boleh banget! Atau kamu berkeinginan mengasah passion kau di luar profesi kantoranmu? Dapat! Kini sudah banyak sekali pelatihan atau seminar yang bisa kau ikuti cocok dengan minatmu. Dijamin kau akan membawa pulang segudang ilmu dari ahlinya!

#4. Menonton Ted Talk di Youtube
Youtube memiliki banyak konten menarik yang bisa bikin kau nyaman duduk di sofa seharian sambil memperhatikan ke layar ponselmu. Sebaiknya gunakan waktumu saat membuka Youtube untuk menonton video Ted Talk yang sarat akan ilmu pengetahuan. Kau akan bisa banyak pelajaran segera dari ponselmu, tanpa seharusnya beranjak dari sofamu yang nyaman.

#5. Membaca buku
Enggak ada salahnya menyisihkan sedikit dari gajimu untuk membeli buku. Setidaknya satu buku dalam sebulan, cobalah membaca buku “serius”, seperti biografi, sejarah, ensiklopedia, dan buku lainnya yang bisa menambah ilmumu.

#6. Serta komunitas
Ilmu yang paling fresh yakni ilmu yang kita dapat secara segera dari sumbernya. Coba deh, ikutan dengan kelompok sosial lokal. Enggak cuma kau bisa memperluas pergaulanmu dengan bertemu orang baru, namun kamu juga dapat belajar atau mendengar seketika dari orang-orang komunitas hal yang demikian.

#7. Kursus online
Jika kamu yakin punya banyak waktu untuk kembali belajar tanpa wajib kuliah, membuat ringkasan, atau melakukan tugas lagi seperti masa kuliah, tetapi enggak berkeinginan duduk di kelas, kamu dapat mengambil kursus online. Telah tersedia banyak banget loh, kursus online yang gratis atau berbayar. Pastinya mempermudah kau yang berharap mendapat sertifikat akademis sah tanpa wajib kembali kuliah.

Baca Artikel Terkait Tentang leerebookes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *